Hal meningkatnya perilaku autistik

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Hal meningkatnya perilaku autistik

Date: 23-01-08 04:09
Dulu saya merasa lebih beruntung karena Ahmad tidak memperlihatkan beberapa gejala autisma yang sering disebut-sebut dalam banyak artikel baik di penerbitan berkala ataupun seminar-seminar.

Menjelang usianya yang ke 8, ternyata beberapa perilaku tersebut itu muncul. Ahmad akan mengamuk (tantrum?) bila route perjalan ke dan pulang sekolah tidak sama dengan "biasanya." Kemunduran ini terjari berbarengan dengan kemajuan seperti usaha Ahmad komunikasi verbal meskipun dengan kata-kata yang amat sulit difahami (tetapi konsisten sehingga kami mulai bisa menghafalnya). Beberapa hal "baru" adalah keengganan Ahmad pergi sekolah dan kalau sudah di sekolah, dia mengalami "error" bila dijemput pulang. Hal baru ini kami rasakan terjadi mendadak; sampai sekarang belum ketemu penyebabnya. Satu-satunya perubahan yang terjadi adalah pergantian guru les di rumah. Dulu, ahmad diajar guru kelas dan guru les yang berbeda. Perubahan perilaku terjadi saat guru kelas di sekolah juga memberikan les dirumah. Gejala penolakan les juga terjadi.

Apakah ada rekan sesama ortu anak autis yang menghadapi persoalan serupa? Ada saran tindakan? Apakah perlu dipaksa atau mesti berhenti dulu sekolahnya?


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik D894 di
  • 2. prastowo

    Terimakasih atas perhatian pak Lukman. Gimana kabar Bengkulu? Memang sekarang metoda inklusi mulai ngetrend. Saya pribadi mengamati adanya kemajuan Ahmad yang luar biasa pada saat dia sekolah di TK Umum. Sayangnya kami terpaksa mengundurkan diri dari TK yang relatif mahal itu karena Ahmad tidak selalu bisa berangkat sekolah. Siklus kehidupan Ahmad lebih dari 24 jam. Kalau hari ini tidur jam 7 malam, besuk jam 9, besuknya jam 11 dan seterusnya.Karena itu sering tidak masuk sekolah karena secara berkala jam tidurnya bersamaan dengan jam sekolah.

    01-04-08 07:45
  • 1. Lukman-Unib

    Salam ...
    Pak Pras Sklg; Alhamdulillah... Allah maha Rahman dan Rahim ...
    Insya Allah .. info Bapak tersebut akan saya share ke teman yang putranya juga "autis", yang bersangkutan sekarang sudah kelas 3 SD dan terus menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Hebatnya yang bersangkutan di sekolahkan di sekolah umum dan termasuk anak yang berprestasi, walaupun sampai saat sekarang masih menunjukkan gejala autisma ". Mudah-mudahan ada jalan keluar yang menyenangkan semuanya. Aamiin

    01-04-08 04:43